News
Loading...
Thursday, October 30, 2014

TIPS MEMILIH DAN MEMBELI MODEM

2:57 AM
Asalamu alaikum wr...wb...

 
Akhir-akhir ini banyak sekali yang membutuhkan sebuah alat untuk menyambungkan atau menghubungkan ke internet antara lain seperti modem, wajarlah karena internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.
sekedar untuk memberi saran atau tips untuk membeli modem karena tidaklah semua modem itu sama.


1.Pilih Modem Sesuai Dengan Kualitas Sinyal Yang Kuat Di Tempat Anda

Jika anda ingin membeli modem CDMA maka anda harus mengetahui sinyal operator CDMA apa yang kuat di lokasi anda karena tidak semua sinyal CDMA dapat terjangkau, bahkan dipelosok desa masih sedikit jaringan yang bisa ditembus untuk mendapatkan sinyal CDMA tersebut.Karena berbeda dengan modem GSM yang kartu operatornya bisa diganti-ganti dengan kartu operator GSM lain yang lumayan banyak. Inilah yang menjadi alasan beberapa operator untuk memperbaiki kualitas jaringannya.Tapi ada sebagian juga sinyal operator modem CDMA yang bisa menjangkau ke beberapa daerah pelosok itupun ada batasannya tidak sampai kedalam  pelosoknya.

Maka dari itu pilih modem yang sesuai dengan tempat tinggal anda.Tanyakan kepada mereka apakah modem tersebut sudah benar-benar sampai sinyal jaringannya ke tempat anda tersebut dan juga tanyakan berapa kecepatan maksimal yang bisa digunakan pada saat akan digunakan untuk akses internet.

2.Jaringan Modem (GSM atau CDMA)

Jaringan pada modem saat ini yakni GSM dan CDMA ini memiliki akses yang berbeda-beda adakalanya sesuaikan dengan pilihan anda dari antar ketiga jaringan modem tersebut.Modem GSM biasanya menggunakan teknologi GPRS dan HDSPA sedangkan pada CDMA menggunakan teknologi EVDO dan ECDO.Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan maka dari sesuikan dengan kebutuhan anda dan tidak ada salahnya tanyakan apa yang sesuai dengan akses internet anda dan pilihan kartu yang cocok dengan tipe modem tersebut.

3.Paket Layanan Atau Paket Internet

Kalau yang ini memang menjadi perhatian penting karena status layanan menjadi prioritas kita untuk mendapatkan kecepatan layanan data yang akan kita gunakan.Paket layanan menjadi hal penting karena semua modem beda-beda paketnya dan tergantung dari harga modem tersebut.Biasanya paket layanan ada beberapa yang sering kita temukan yakni paket unlimited dan paket berdasarkan quota.Untuk itu perhatikan layanan paket data yang diberikan apakah dengan isi pulsa sekian akan mendapatkan paket unlimite atau paket quota.Maka dari itu perlunya kita mengetahui cara kerja paket layanan yang tersedia yang akan kita gunakan dalam akes internet tersebut.

4.Fasilitas Modem

Setiap modem mempunyai fasilitas masing-masing yakni berupa fasilitas kecepatan untuk transfer dan menerima data ada yang kecepatan transfer maksimal 3.6Mbps atau juga ada yang maksimal 21Mbps.Dan fasilitas untuk sebagai card reader memori card. Untuk itu perhatika fasilitas modem yang diberikan apakah sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak.

5.Operasi System Untuk Modem

Modem yang digunakan biasanya harus sudah support dengan sistem operasi yang ada dilaptop kita,kadan ada juga modem yang support sama windows xp,vista dan 7 dan belum support sama windows 8.Tapi sekarang ini mungkin beberapa jenis modem sudah support untuk windows 8.Untuk itu perhatikan modem tersebut apakah sesuai untuk pemakaian di sistem operasi  pada laptop anda.

 6. Merek Modem

Merek modem merupakan salah satu hal yang terpenting karena tidak semua merek modem itu bagus dan tapi tidak semua merek modem itu jelek, terkadang orang memandang merk yang asal murah saja Hal ini akan mempengaruhi pada penangkapan sinyal yag kuat atau lemah, tahan tidaknya terhadap panas, tidak jarang kita temui modem yang leleh, tidak mudah rewel. Setiap orang memiliki kepuasan tersendiri terhadap merk modem yang telah dibeli, ini terjadi karena modem tahan terhadap panas,
dan kuat menangkap jaringan yang ada.


7. Garansi Modem

Garansi modem merupakan salah satu tips untuk itu Pilihlah modem yang memang mempunyai garansi ya setidaknya garansi dari toko itu sendiri, hal ini guna untuk ketika terjadi suatu masalah
pada modem tersebut kita dengan mudah dapat mengklaim garansi tersebut. Di rekomendasikan pilihlah modem yang memiliki jangka waktu garansi yang panjang dengan begitu berarti perusahaan telah menguji terhadap produk yang ia tawarkan.




Sekian semoga bermanfaat.........
     Wasalamu alaikum wr...wb... 

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer