News
Loading...
Monday, April 13, 2015

Cara mengatasi komputer lemot/lambat

5:46 AM
Cara mengatasi komputer atau laptop lambat..... Anda punya laptop atau komputer yang baru. Pastinya setelah beli tidak mengalami kendala apapun tetapi seiring berjalannya waktu laptop atau komputer anda semakin lama semakin lambat atau lemot, ketika menggunakan laptop atau komputer yang lemot pasti akan sedikit melatih kesabaran kita apalagi ketika buka suatu program sering "Not Responding". Kali ini saya akan sedikit memberikan tips & trik untuk mengatasi masalah anda tersebut. Berikut adalah tips & triknya.
  • Spesifikasi komputer dan laptop anda kurang baik. Program atau aplikasi yang dikeluarkan akhir-akhir ini sangat memerlukan spesifikasi yang lumayan tingggi sehingga ketika program yang anda jalankan tidak sesuai atau kurang memenuhi spesifikasi sistem otomatis laptop atau komputer anda akan sangat lambat karena ia harus bekerja diluar kemampuannya.
  • Terlalu banyak program yang tidak penting terinstal. Program program yang tidak dibutuhkan seharusnya anda unistal atau hapus saja karena akan memakan ruang kosong pada harddisk anda sehingga hardisk penuh dengan hal-hal yang tidak perlu sehingga kinerja komputer anda akan semakin lambat karena ruang harddisk menjadi sempit.
  • Kurangi program yang muncul pada saat startup atau pada saat komputer dinyalakan. Maksudnya kurangi program yang tidak perlu dibuka secara otomatis karena bisa dibuka sendiri dan tidak mempengaruhi kinerja komputer anda dengan cara mendisable program startup pada program task manager.
  • Tambah kapasitas memori RAM. Tambah atau ganti ram anda minimal sekitar 2GB agar kinerja CPU komputer atau laptop anda semakin maksimal, karena fungsi ram untuk menyimpan data sementara kalau semakin tinggi ram maka akan semakin maksimal kinerja komputer atau laptop anda.
  • Akibat virus. Maksudnya selalu update antivirus anda agar terhindar dari virus-virus berbahaya dan lakukan scan terhadap hardisk dan registri agar terbebas dari virus, untuk program antivirus gunakan antivirus yang sudak terkenal dan populer karena kualitasnya.
  • Menggunakan aplikasi atau software. akhir-akhir ini banyak sekali produsen yang menawarka produknya untuk mengatasi laptop atau komputer yang lambat baik dari yang berbayar sampai yang gratis, untuk ini saya sarankan untuk pakai Ccleaner untuk mengatasi masalah anda karena tool tersebut sudah saya pakai sehingga hasilnya sangat bagus untuk menghilangkan file-file yang tidak penting seperti internet cache dll, serta untuk menghapus file registri yang sudah tidak berguna lagi, inilah penampakannya Ccleaner.


Bagaimana tutorial diatas jika membantu bantu share ya, silahkan share dengan klik menu dibawah ini, jika kurang jelas silahkan tanyakan pada kolom komentar.....

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer