News
Loading...
Wednesday, August 26, 2015

Cara Membuat Sharing Hotspot Menggunakan Windows 8.1

9:16 PM
Cara Membuat Sharing Hotspot Menggunakan Windows 8 dan 8.1. Seiring berkembangnya teknologi dan jaringan internet membuat hampir sebagian orang memiliki lebih dari satu perangkat mobile atau gadget. Jika berada pada tempat umum banyak free wifi yang bisa kita gunakan, tapi repotnya adalah jika sedang dirumah kita memiliki 3-4 lebih gadget dan harus ‘meghidupi’ mereka dengan koneksi internet. Sedangkan kebutuhan online dirumah kebanyakan orang biasanya menggunakan modem, berlangganan internet kabel atau RT/RW net. Apakah kita harus membeli paket data untuk semua gadget kita? Atau membeli sebuah Access Point/Wireless Router untuk dirumah? Jawabannya relatif, sesuai kebutuhan dan kemampuan kantong masing-masing.
Tetapi untuk ‘menghemat’ biaya internet bulanan tiap gadget dirumah, kita bisa memanfaatkan koneksi internet rumah (modem/LAN) dan sebuah komputer/laptop (windows vista/7/8) sebagai virtual wifi.
Banyak cara untuk membuat komputer/laptop sebagai virtual wifi, antara lain Connectify, Ad-Hoc, Wireless Hosted Network. Untuk Connectify adalah aplikasi tambahan yang harus kita install untuk membuat virtual wiifi, kelemahannya adalah software ini berbayar. Sedangkan Ad-Hoc adalah fitur bawaan Windows Vista/7 untuk sharing koneksi, kelemahannya adalah Ad-Hoc hanya support untuk Windows Vista/7.
Wireless Hosted Network meerupakan fasilitas bawaan yang disediakan Windows seperti Ad-Hoc dan support untuk Windows 8 maupun 8.1.
Kebutuhan:
  1. Komputer/laptop yang memiliki Wireless Adapter
  2. Koneksi Internet (Modem/LAN)

Cara Membuat Wireless Hosted Network (Virtual Wifi)
Buka Windows command promt (CMD) jalankan sebagai Administrator
Cek Kompatibel Virtual Wifi
Pastikan Wireless Adapter kita support untuk membuat Virtual Wifi.
netsh wlan show drivers
netsh wlan show drivers
Show Drivers
Mengaktifkan Virtual Wifi dan Membuat SSID dan Password
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=rianlab key=12345abc
ssid : adalah nama Virtual Access Ponit
key : password untuk Virtual Access Point
Menjalankan Virtual Wifi
netsh wlan start hostednetwork
netsh wlan start hostednetwork
Start Hosted Network
Sharing Koneksi Internet ke Virtual Wifi
Buka Network and Sharing Center > Change adapter settings, muncul sebuah virtual adapter baru yang telah kita buat sebelumnya dengan nama Local Area Connection* 13 (tiap komputer/laptop bisa beda nama/angka), klik kanan properties > TCP/IPv4 masukan ip local address (contoh 192.168.137.1) klik OK.
Local Area Connection 13
Virtual WLAN
private ip address
Local Ip Address
Masih di Network and Sharing Center, pilih pada koneksi internet yang digunakan (contoh LAN), klik kanan properties pilih tab Sharing, checklist pada Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, pada Home networking connection pilih Virtual Adapter yang telah dibuat tadi, Local Area Connection* 13, klik OK.
Internet Connection Sharing
Internet Connection Sharing
Pengujian Virtual Wifi
Disini saya menggunakan android smartphone untuk melakukan pengujian, muncul SSID dengan nama rianlab, connect > masukan password yang telah dibuat tadi > connected.
Hotspot smartphone
Wireless Android Smartphone
Cek klien yang terhubung pada komputer/laptop netsh wlan show hostednetwork
netsh wlan show hostednetwork
Show Hosted Network
Terlihat bahwa terdapat 1 klien yang terkoneksi dengan Virtual Wifi. Kesimpulan Virtual Wifi ini mampu menampung hingga 100 klient dengan proses autentifikasi menggunakan WPA2-Personal, jadi cukup aman.
Karena berbasis command line, maka setiap kali komputer/laptop mati atau restart harus dijalankan kembali perintahnya, cukup tinggal mengetikan netsh wlan start hostednetwork tanpa harus membuat lagi dari awal.

1 comments:

  1. Gambling.com - Gaming Reports - Dr.MCD
    Gambling.com provides news and information from all your 동해 출장마사지 trusted Internet gaming 삼척 출장샵 companies and companies on all 경기도 출장마사지 your favorite online gambling sites! 안양 출장안마 Find 안성 출장샵

    ReplyDelete

 
Toggle Footer